Review Film: Spotlight (2015)

Jika anda menyukai film yang bertema jurnalistik, kriminal, atau politik, maka saya menganjurkan anda untuk menonton film “Spotlight”, karena film ini mencakup semua itu.

Diangkat dari kisah nyata, Spotlight mengisahkan sekelompok jurnalis dari sebuah media cetak di daerah Boston, Amerika Serikat yang ditugaskan oleh atasan baru mereka untuk mencari informasi tentang kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pastur di daerah tersebut untuk dipublikasikan ke masyarakat, karena selama ini kasus ini dinilai belum tuntas dan disembunyikan oleh pihak-pihak tertentu. Seiring berjalannya waktu, penyelidikan kasus ini justru membawa mereka pada fakta-fakta yang tak pernah mereka duga sebelumnya.

Layaknya film-film yang menyinggung unsur keagamaan lainnya, film ini sempat menuai kontroversi. Meski demikian, Spotlight justru mendapat penghargaan sebagai film terbaik di Academy Award tahun 2016. Dari segi teknis, film ini sebenarnya cukup sederhana. Mengingat film ini memang bergenre drama, musik yang disajikan untuk mengiringi cerita tidak begitu mencolok dan tidak ada special effect sama sekali. Kekuatan utama film ini adalah ceritanya yang sangat berbobot ditambah kualitas akting dan dialog para pemainnya yang sangat berkelas.

Melalui kisah yang disajikan oleh film ini, banyak hal baik yang dapat kita petik. Pertama, dalam menjalankan profesi, sudah semestinya kita menyelesaikan semua tugas secara tuntas dengan totalitas dan menjaga profesionalitas, sehingga hasil yang akan didapat bisa maksimal. Kedua, sebagai pihak yang menyebarkan informasi pada masyarakat, media massa harus jujur, teliti, berimbang, dan juga bijaksana dalam memikirkan dampak dari berita yang mereka sebarkan di masyarakat. Ketiga, ketika mengetahui suatu kebenaran, kita harus berani mengungkapkannya, terutama jika hal itu menyangkut keadaan orang banyak. Keempat, selalu ada jalan untuk melakukan hal baik, apapun kedudukan dan profesi kita. Dimanapun kita bekerja, apapun pekerjaan kita, disitu kita dapat memberikan kebaikan untuk banyak orang.

Sebagai penutup, saya sangat menganjurkan pada para pecinta film untuk menonton film ini, terutama para pelajar dan mahasiswa, karena banyak hal yang dapat dipelajari di dalamnya tentang bagaimana mencari, menyaring, mengolah, dan menyebarkan informasi. Kalau boleh memberikan nilai, saya berikan nilai 9,8 dari 10 untuk film ini. Selamat menonton.

Tinggalkan komentar